Rabu, 11 Juli 2012

Cara membuat atau mendaftar Email di Yahoo

Surat elektronik atau pos elektronik (bahasa inggris: email`) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer, misalnya internet. Dengan surat yang biasa umumnya pengirim harus membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi kalo surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada pengecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam atau Handphone, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

 

Ternyata masih ada orang yang belum tahu dalam hal membuat surat elektronik atau Email. Padahal jaman sekarang kalo menurut saya sih Email tuh penting karena lebih praktis dan murah. Bahkan kita bisa cek email langsung dari Hp kita. Dan berikut saya akan mencoba menulis bagaimana cara  membuat Email dan cara mengirim surat lewat email.

.:: Cara membuat/mendaftar di Yahoo! Mail ::.

1. Buka alamat mail.yahoo.co.id (pake bahasa Indonesia az ya biar gampang).
2. Kalo udah kebuka, klik "Daftar" (lihat contoh seperti gambar dibawah ini)
3. Lalu isi biodata seperti nama, jenis kelamin, TTL, dan tempat tinggal.
4. Pada pilihan ID dan Kata sandi ada 4 pilihan yg bisa kita gunakan sesuai selera kamu, yaitu yahoo.co.id - yahoo.com - ymail.com - rocketmail.com. (Saya kasih contoh dengan alamat yahoo.com)
Kata sandi ato password minimal 6 karakter!!

5. Pada pilihan Pertanyaan Keamanan, kamu diharuskan memilih pertanyaan dan jawaban. Ini akan digunakan apabila kamu lupa Username (ID) atau kata sandi (password) email Yahoo anda. Jadi usahakan untuk memilih pertanyaan dan isi jawaban yang kira-kira bakalan gampang kamu inget.
6. Pada pilihan selanjutnya kamu diharuskan memasukan kode seperti pada contoh gambar (besar kecilnya huruf tidak berpengaruh), apabila anda kesulitan atau kode yang anda masukan salah, anda bisa klik tulisan Coba Kode Baru. Setelah itu klik Buat Account Saya. (lihat gambar.)
7. Setelah mengisi semua informasi biodata, lalu kamu akan disuruh konfirmasi. Kalo data yang kita masukan sudah sesuai, Klik Lanjut untuk melanjutkan.
8. Selamat kamu telah memiliki account email Yahoo baru. ^_^


.:: Cara mengirim Email ::.

1. Klik option Tulis, lalu pilih Email (lihat pada gambar).
2. Kamu bisa langsung mengisi alamat yang dituju, judul dan mengetik pesan lalu mengirimnya. Tapi bila kamu mau melampirkan data, ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pertama, klik Lampirkan File.
 
- Kedua, klik Browse untuk mengunduh/mengambil file yang akan dikirim lalu pilih datanya dan klik Open.
Bila kamu mau mengirim data lebih dari 5 klik Lampirkan beberapa file lagi.

- Ketiga, setelah itu klik Lampirkan File disebelah kiri atas (lihat gambar) dan tunggu sampai data terlampir.
 
- Keempat, bila data sudah terlampir kamu akan lihat dibagian bawah judul.
 
- Kelima, isi alamat yang akan dituju, judul dan tulis pesan di bagan kalo perlu lalu klik Kirim disebelah atas pojok kiri dibawah tulisan Mail. Bila kamu mau mengirim data ke lebih dr 1 alamat email, kamu bisa masukan alamat email lain dikolom CC dan BCC.

- Keenam, ada baiknya dicek lagi alamat yang akan dituju agar lebih yakin klo kita memasukan alamat yang benar. Dan bila kamu disuruh memasukan kode Verifikasi, isi saja lalu klik Lanjut.
 
- Selamat kamu telah berhasil mengirim data lewat email yahoo. kamu tinggal menunggu konfirmasi dari orang yang telah kamu kirimin email tadi. Dan bila kamu telah selesai jangan lupa kamu harus Sign Out email kamu!!

Berikut ini tentang Cara Membuat atau Mendaftar Email di Yahoo! semoga dapat membawa manfaat buat kalian.
Selamat mencoba... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar